Tips mendesain rumah tinggal di lahan "Tusuk Sate"

sudah menjadi rahasia umum di kalangan pengembang, dan beberapa kalangan yang percaya akan fengshui, bahwa lahan tusuk sate adalah sangat kurang baik untuk dijadikan rumah tinggal. oleh karena itu, umumnya tanah ataupun kavling tusuk sate dijual dengan harga lebih murah daripada lahan yang lain dengan luasan yang sama.


ilustrasi denah

secara arsitektural, sebenarnya lahan tusuk sate sangat menarik untuk di-explore. karena perlakuan desainnya juga harus berbeda dengan lahan biasa.
berikut beberapa tips yang mungkin dapat digunakan saat anda mendapatkan lahan rumah di area tusuk sate.


1. buatlah desain pagar yang cenderung massif (tidak banyak lubang) dan tinggi (1.5-2 meter dari level tanah taman teras).lahan tusuk sate cenderung lebih berangin dari biasanya, karena dia adalah tempat bertemunya angin dari tiga arah (jalan).
pagar yg tinggi dan masif berfungsi untuk menjadi barier angin yang cukup kencang agar tidak masuk sepenuhnya ke dalam rumah anda.


2. naikkan sedikit level rumah anda dari jalan 80 cm - 1 m, bentukan ramp akan sedikit membelokkan arah angin yg dari bawah (jalan) ke atas.


ilustrasi tampak depan


3. tanamlah tanaman / pohon peneduh dengan daun yang lebat, sekali lagi sebagai alat pemecah angin. selain itu juga bisa menjadi peneduh saat sore hari jika lahan menghadap ke barat.


ilustrasi tampak depan


4. sebisa mungkin kurangi jendela/pintu yang menghadap ke depan, untuk mengurangi efek angin yang suka membawa debu dan kotoran. jika tetap ingin memasang pintu menghadap ke depan, usahakan menggunakan material pintu yang masif serta tambahkan elemen arsitektural seperti teralis dan sejenisnya.


ilustrasi massa


5. komposisi fasad rumah juga jangan terlalu banyak opening jika site menghadap ke barat 


ilustrasi perspektif 3d


6. karena fasad depan kurang bukaan, untuk memasukkan cahaya di siang hari, bisa juga memanfaatkan skylight di atap, sehingga rumah tidak terlalu gelap saat siang hari.


ilustrasi bird eye view


beberapa hal di atas, hanya sekedar tips berdasarkan pengalaman penulis.
semoga bermanfaat. 

Komentar